Di artikel ini kita ada akan menjelaskan perbedaan antara DoFollow dan NoFollow Backlinks.
Ada dua jenis utama Backlink (tautan dari situs web lain ke situs Anda). Mereka adalah link "DoFollow" dan "NoFollow".
DoFollow membantu SEO situs Anda.
Tautan NoFollow tidak membantu SEO situs Anda (atau setidaknya membantu secara keseluruhan).
Backlinks sangat penting untuk peringkat Google Anda. Dofollow itulah yang ingin Anda kerjakan dengan keras, karena itulah yang membantu situs Anda mendapatkan otoritas Google dan peringkat yang lebih tinggi.
Sebaliknya, tautan NoFollow adalah cara situs web yang tertaut ke situs Anda mengatakan "Jangan berikan nilai SEO apa pun ke situs yang saya tautkan".
Mereka mungkin melakukan ini karena Anda membayar tautan atau untuk menghindari spam tautan.
Cara Mengenali Tautan NoFollow
Perbedaannya tidak terlihat dengan mata telanjang — Anda sebenarnya harus melihat kodenya untuk melihatnya.
DoFollow adalah tautan biasa tanpa atribut rel = "nofollow". Ini terlihat seperti ini:
<a href="https://www.kitakasilanyard.co.id">
Tautan NoFollow menyertakan atribut rel = nofollow:
<a href="https://www.kitakasilanyard.co.id" rel="nofollow">
Cara terbaik untuk melihat apakah link memiliki atribut "nofollow" adalah dengan mengklik kanan dan mengklik "Periksa". Kemudian lihat kode untuk tautan itu dan lihat apakah itu termasuk rel = "nofollow". Jika tidak, Anda telah menerima tautan Ikuti!
Mengapa NoFollow Ada?
Suatu ketika, menjelang fajar internet, para Overlords tinggi Google memutuskan untuk menggunakan link sebagai faktor peringkat.
Itu ide yang bagus: link akan memungkinkan Google untuk memahami situs web mana di kerajaan yang paling banyak ditautkan. Jumlah link akan menunjukkan kualitas situs. Dengan demikian, situs dengan lebih banyak tautan mendapat peringkat lebih tinggi.
Semua berjalan lancar dan baik di LinkLand sampai Evil SEO Manipulators menyadari bahwa hanya dibutuhkan lebih banyak link untuk mendapatkan situs web di Halaman 1. Google. Dan mereka mulai membanjiri internet dengan sampah apa pun yang akan memberi mereka tautan.
Mereka membuat situs web yang penuh dengan tautan ke situs yang ingin mereka rangking.
Mereka membayar situs web otoritas tinggi lainnya untuk menautkan mereka tanpa alasan, dan pasar gelap untuk Backlinks berbayar berkembang pesat.
Google Overlords menyadari bahwa sesuatu harus dilakukan, atau seluruh internet akan hancur.
Jadi mereka menemukan atribut rel = "nofollow".
Mereka segera menambahkan bahwa rel = "nofollow" harus digunakan oleh pemilik situs web untuk mengidentifikasi tautan berbayar atau terkait iklan. Aktor jahat akan dikirim ke ruang bawah tanah untuk skema tautan.
Tidak ada yang suka ruang bawah tanah, jadi tautan NoFollow sekarang digunakan secara bebas di zaman modern.
Beyond No-Follow
Untuk memperjelas bagi Google dan lebih membingungkan bagi pemilik situs web, Google mengumumkan pada akhir 2019 penambahan dua atribut tautan.
Pada dasarnya, Google ingin lebih memahami mengapa tautan menjadi NoFollow, jadi mereka meminta pemilik situs web untuk lebih spesifik.
Atribut baru tersebut adalah:
rel = ”sponsored”: Digunakan untuk mengidentifikasi tautan di situs Anda yang dibuat sebagai bagian dari iklan, sponsor, atau perjanjian kompensasi lainnya.
rel = ”ugc”: UGC adalah singkatan dari User Generated Content, dan nilai atribut ugc direkomendasikan untuk link dalam konten yang dibuat pengguna, seperti komentar dan posting forum.
Jika sebuah link dibayar, Google ingin melihat rel = "bersponsor" dalam kode link tersebut. Jika sebuah link berada di suatu tempat di mana pengguna Anda dapat menambahkannya sendiri ke situs Anda (seperti komentar), itu harus ditandai rel = "ugc"
Untuk pemilik situs web, ini bukanlah hal yang perlu saya khawatirkan. Saya pribadi tidak akan menggunakan atribut tautan ini di situs saya.
Platform situs web Anda harus menangani peralihan dari NoFollow ke UGC dalam komentar, dan NoFollow masih dapat digunakan jika perubahan itu tidak dilakukan.
Ketahuilah bahwa tautan yang Anda bayar atau masukkan ke dalam komentar blog mungkin tidak akan membantu SEO Anda jika situs web menggunakan atribut ini.
Tentang Kami
Sebagai bagian dari PT. Kitakasi Solusi Promosi yang mengembangakan brand kitakasi, kitakasilanyard memfokuskan diri sebagai produsen tali lanyard dengan kualitas terbaik. Dengan proses produksi hingga ribuan pcs per hari dan garansi produk, kami telah dipercaya oleh beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia, seperti : Pertamina, PLN, Kementrian Perindustrian dll.
Baca juga aktikel tentang tali lanyard di sini https://boentoro.blogspot.com/