Membuat Marketing Plan Bisnis Kecil - PART 2

Marketing Strategy

marketing strategy


Di bagian Strategi Pemasaran, Anda akan menjawab pertanyaan "Bagaimana". Bagian ini membahas tentang pelaksanaan, evaluasi dan koreksi.


Ada banyak strategi di luar sana (jauh lebih banyak daripada yang bisa dibahas di sini). Apa pun pendekatan yang Anda ambil, itu harus mendorong tujuan Anda ke depan dan - pada akhirnya - mendorong pendapatan.


Mari Bicara Tentang Empat P:

Dalam bahasa pemasaran, strategi pemasaran termasuk dalam apa yang dikenal sebagai empat P: produk , Price (harga) , Place (tempat distribusi) dan promosi . Untuk bisnis kecil biasa, promosi akan menjadi bagian terbesar dari strategi Anda. Beberapa strategi promosi yang umum meliputi:


- Periklanan

- Penjualan pribadi

- Hubungan Masyarakat

- Promosi penjualan

- Pemasaran langsung dan surat langsung


Anda juga harus memutuskan bagaimana menerapkan setiap strategi. Ambil contoh periklanan. Sebagian besar bisnis kecil menjelajahi berbagai saluran iklan yang tersedia, seperti:


- Internet

- Media sosial

- Koran

- Televisi

- Radio

- Iklan berbasis kios

- Iklan luar ruangan

- Iklan transit


Sekarang saat yang tepat untuk menjadi kreatif! Pada saat yang sama, pastikan Anda memperhatikan biaya dan memastikan bahwa strategi yang Anda lakukan dapat diukur.


Tanyakan pada diri Anda, apa cara terbaik untuk menyampaikan pesan Anda di depan pasar sasaran Anda? Apakah pelanggan ideal Anda menghabiskan banyak waktu di media sosial? Apakah mereka menggunakan perangkat seluler? Apakah ada acara atau aktivitas tertentu yang menarik? Setelah Anda mengetahui di mana target pasar Anda dapat ditemukan, Anda dapat bertukar pikiran tentang cara paling efektif untuk menjangkau mereka.


Pemasaran adalah tentang menciptakan percakapan dengan orang-orang dan mengukur percakapan itu untuk melihat seberapa baik percakapan itu berhasil. Saat Anda mulai menjalankan strategi, ingatlah hal itu. Apa percakapan itu untukmu? Apa itu untuk pelanggan Anda? Bagaimana percakapan itu mengubah nada, atau makna, seiring perubahan pasar?


Implementation


Ini adalah bagian di mana Anda menerapkan rencana pemasaran Anda. Anda ingin membahas bagaimana Anda akan menerapkan strategi Anda dan mencapai tujuan Anda dengan memecah berbagai hal menjadi langkah-langkah tindakan atau tujuan yang lebih kecil.


Anda sudah melakukan sedikit ini saat Anda mempertimbangkan metode implementasi yang akan Anda gunakan untuk setiap strategi pemasaran. Di sini Anda hanya akan memecah banyak hal lebih lanjut dan memberi diri Anda peta jalan yang dapat ditindaklanjuti.


Pikirkan langkah-langkah atau sasaran tindakan ini sebagai alamat strategi "Siapa", "Apa" dan "Kapan" Anda. Saat Anda menguraikan langkah-langkah untuk mencapai tujuan pemasaran Anda, putuskan siapa yang akan bertanggung jawab untuk setiap tindakan atau tujuan tertentu, apa yang akan dilakukan dan kapan itu akan dilakukan.


Saat Anda menggabungkan semua elemen ini menjadi satu dorongan, Anda mendapatkan apa yang dikenal sebagai kampanye . Sebuah kampanye dapat berjalan untuk jangka waktu yang terbatas atau dapat berlanjut sampai pesan Anda tampaknya kehilangan energinya (Anda akan tahu ketika jumlah tanggapan mulai menurun). Idealnya, Anda akan mengembangkan kampanye individual yang dibuat khusus untuk setiap tujuan Anda.


Jelaskan secara spesifik tentang tanggal dan jadwalkan setiap tugas yang berbeda. Semakin spesifik Anda, semakin besar kemungkinan langkah-langkah tindakan yang telah Anda gariskan akan dijalankan.


Anggaran pemasaran


Anggaran pemasaran Anda adalah komponen penting lainnya dari rencana Anda. Ini akan menguraikan biaya yang diharapkan dari strategi Anda dan pendapatan yang diharapkan. Seperti bagian lain dari rencana pemasaran, ada baiknya untuk melibatkan anggota staf yang akan bertanggung jawab atas berbagai langkah tindakan dalam keputusan penganggaran Anda.


Anda juga harus selengkap mungkin saat memperkirakan biaya yang terkait dengan setiap langkah tindakan Anda. Ini membantu mencegah kejutan yang tidak menyenangkan di masa mendatang. Dan meskipun biaya eksternal sering kali paling terlihat, penting untuk diingat juga biaya internal, seperti waktu yang dibutuhkan staf Anda untuk menerapkan langkah-langkah tindakan tertentu.


Begitu Anda memiliki anggaran pada tempatnya, segala sesuatunya mungkin mulai terasa tidak fleksibel. Ingat, meskipun memiliki anggaran tetap, Anda masih memiliki ruang gerak — Anda selalu dapat mengevaluasi ulang cara mengalokasikan anggaran Anda.


Pengukuran / Kontrol

pengukuran marketing plan


Bagian terakhir dari rencana adalah bagian Pengukuran / Kontrol dan ini mungkin yang paling penting. Bagian Pengukuran / Kontrol memberi Anda metode terperinci untuk memantau kemajuan Anda untuk melihat seberapa baik Anda melakukannya. Ingat, pemasaran adalah tempat ide-ide kreatif dan data bertemu - di sinilah Anda akan membahas bagaimana Anda akan mendapatkan semua data itu.


Hal pertama yang ingin Anda ukur adalah laba atas investasi (ROI) Anda dengan menemukan cara untuk terus mengukur kemajuan keuangan Anda. ROI Anda bisa menjadi indikator efektif dari strategi yang tidak berhasil. Beberapa strategi pemasaran menghadirkan tantangan dalam hal menghitung ROI, tetapi itu tidak berarti strategi tersebut bukan tanpa nilai. Kampanye media sosial, misalnya, sulit diukur karena jalur yang diambil seseorang dari menyukai postingan Anda, atau membagikan tweet Anda, hingga membeli produk Anda bukanlah garis lurus.


Anda harus menjadi kreatif saat mengukur strategi ini dan mengingat pendapatan bukanlah satu-satunya metrik yang diukur: kesadaran merek, keterlibatan (berapa lama dan seberapa sering seseorang berinteraksi dengan Anda), dan membangun reputasi bisnis Anda sangat berharga.


Rencanakan bagaimana Anda akan mendekati pengukuran hasil. Bersikaplah konkret: gunakan angka yang diproyeksikan dan angka aktual dan bandingkan secara teratur. Meskipun intuisi dan pengalaman dapat membantu dalam menilai strategi tertentu, pengukuran dan kontrol memberi Anda bukti penting untuk mendukung firasat Anda. Pelaporan juga memainkan peran besar di bagian ini. Laporan bulanan dan pertemuan terjadwal secara teratur untuk membahas hasil akan sangat membantu Anda menentukan apa yang berhasil dan apa yang tidak.


Pastikan bagian ini menyertakan ringkasan tentang bagaimana Anda akan membuat perubahan sebagai tanggapan atas apa yang dikatakan pelacakan Anda.



Tentang Kami

Sebagai bagian dari PT. Kitakasi Solusi Promosi yang mengembangakan brand kitakasi, kitakasilanyard memfokuskan diri sebagai produsen tali lanyard dengan kualitas terbaik. Dengan proses produksi hingga ribuan pcs per hari dan garansi produk, kami telah dipercaya oleh beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia, seperti : Pertamina, PLN, Kementrian Perindustrian dll.


Baca juga aktikel tentang tali lanyard di sini https://boentoro.blogspot.com/

Jual Tali ID Card

Dikutip dari jasacetakmurah  : Ada banyak berbagai macam bisnis yang bisa dilakukan. Baik dengan cara melalui peternakan, pertanian, perkebu...